Rabu, 19 Maret 2014

RENUNGAN HIDUP

Bahagia setiap hari



Pagi ini saya bangun saat hari masih gelap , adzan subuh terdengar dari pengeras suara masjid dekat rumah. Seperti biasanya , setiap kali bangun tidur dan sadar bahwa saya masih ada di kehidupan ini , saya ucapkan syukur kepada Allah untuk kehidupan yang masih saya jalani. Saya mohon "bekal" kekuatan dan segala jalan kemudahan dari Allah untuk menghadapi hidup saya hari ini, sambil mengumpulkan semangat untuk turun dari tempat tidur dan keluar kamar untuk segera melaksanakan aktivitas harian.

Sambil berjalan keluar kamar , ingatan saya seperti dilempar ke beberapa kejadian yang pernah terjadi dalam perjalanan kehidupan saya. Kembali saya ucapkan syukur kepada Allah untuk semua kebaikanNYA. Bagaimana saya tak bersyukur kepada Allah setiap waktu , karena saya merasa tanpa pertolongan dan kuasa Allah , mungkin sudah kacau hidup saya. Tapi sekali lagi saya tegaskan , bahwa memang Allah begitu baiknya kepada saya.


Selama perjalanan hidup saya , saya hampir tidak pernah merasakan kekurangan. Dalam arti , bahwa saya selalu dalam keadaan cukup sandang,pangan dan papan. Allah selalu mencukupi kebutuhan hidup saya yang paling dasar ,memang tak berlebihan tapi semua sangat cukup menurut ukuran saya. Alhamdulillah , meskipun badan saya kurus , saya hampir selalu dalam keadaan sehat. Kalaupun saya sakit , pasti hanya karena terlalu lelah atau keadaan cuaca yang mempengaruhi kesehatan saya.

Saya punya seorang paman, adik dari almarhum ayah saya yang hubungannya sangat dekat dengan saya. Beliau saya anggap sebagai pengganti sosok ayah buat saya. Setiap kali kami bertemu dan saya sapa "apa kabar om?" Jawaban beliau selalu sama "Puji Tuhan , selalu bahagia" . Senyum beliau memang membuktikan bahwa paman saya ini bahagia. Ketulusan dan keikhlasan beliau dalam menjalani hidup memang menjadi inspirasi buat saya untuk belajar "selalu bahagia setiap hari". Yang lebih menguatkan keinginan saya untuk selalu merasa "bahagia" setiap hari adalah saat saya bertemu dengan sahabat terbaik saya dan ngobrol panjang lebar tentang hidup. Kuncinya hanya satu, kata sahabat saya tersebut "bahagia setiap hari" , hidup akan terasa lebih ringan dijalani , serahkan kepada Allah , kita berusaha dengan baik , bekerja dengan baik , sudah! Percaya bahwa Allah pasti akan memberikan yang terbaik , yang menentramkan dalam kehidupan.



Menurut paman saya , kalau kita merasa bahagia setiap hari , kita akan mudah bersyukur dan akan selalu bersyukur setiap hari kepada sang pemilik hidup kita yaitu Allah SWT. Lha terus kalau kita menemui persoalan atau sesuatu yang tidak sesuai dengan harapan atau pikiran kita bagaimana? 
Akhirnya beliau berbagi pengalaman bersama saya , setiap pagi saat bangun tidur setelah kita doa berterima kasih kepada Allah karena masih di ijinkan menjalani hidup , kita ajak tubuh dan pikiran kita (kita ucapkan dalam hati tentunya) begini : "aku mau selalu bahagia karena kasih Allah mendampingiku setiap saat setiap hari"....Insya Allah semua akan baik di hari itu dan memang benar apa yang saya alami setelah mempraktekkan ajakan paman saya tersebut. Saya merasa lebih mudah bersyukur kepada Allah dan persoalan persoalan yang saya hadapi pasti ada saja jalan keluarnya , seolah olah tangan Allah senantiasa menjaga kita dan siap menolong kita saat ada kesulitan datang. Ajaib memang , tapi ternyata setelah saya merenungkan, bahwa saat kita merasa "ikhlas" karena hidup kita milik Allah , kita akan merasakan ada aura  "bahagia" dan "kedamaian" menyertai hidup kita hari itu. Kita akan menjadi lebih mudah bersyukur kepada sang pemilik hidup yaitu Allah Yang Maha Kuasa. Perasaan bahagia setiap hari menjadikan jembatan penyatuan dari positive thinking dan positive feeling , aura yang muncul juga menjadikan lebih terasa damai dan menentramkan. Tidak ada lagi gelisah karena melihat orang lain mendapat lebih banyak perhatian, tidak ada lagi kejengkelan karena orang lain mendapatkan segala sesuatunya lebih mudah. Karena ketika kita benar benar ikhlas , saat itulah doa kita berjabat tangan dengan kekuatan Allah dan berkolaborasi untuk membuat hidup kita lebih baik.





2 komentar:

  1. Selalu bahagia adalah menerima apapun yg diberi oleh Allah dan menikmati itu. Baik buruk, cahaya gelap, pasti ada hikmah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih untuk meluangkan waktu membaca blog ini...dan terima kasih dengan komentar dan inputnya.Salam sejahtera!

      Hapus